let's go get lost

Cara Membuat Mie Kuah Enak

source : pinterest.com
Halo, sekarang aku lagi mengantri menunggu plat nomor selesai dibuat di kantor samsat Renon. Sudah tiga hari ini aku bolak balik kantor samsat - polda untuk mengurus pajak motor. Berhubung batas STNKnya sudah 5 tahun plus denda 9 bulan dan harus ganti plat, sekalian aja balik nama dan mutasi ke Denpasar. Ternyata ribet sekali mengurus beginian, blum lagi harus ke Mengwi karena STNK masih daerah Badung. Tapi, over all semua prosesnya jelas dan mudah karena petugas samsat selalu mengarahkan setelah ini mau kemana dan selanjutnya kemana. Jadi sebenarnya mengurus yang beginian tidak perlu pakai calo, urus sendiri bisa kok :D 

Well, back to topic. Pada tulisan kali ini, aku akan bahas cara membuat mie kuah -yang menurutku- enak. Jadi ceritanya dulu itu aku lagi numpang makan di kosan sahabatku, Nadia, dan dibuatin mie kuah sama dia (Udah numpang, dibuatin lagi. Enak banget kan punya sahabat kayak gini haha. Kalo mau tau orangnya bisa liat ke ignya dia @gresnadiaa *eeaa promosi). Gak tau kenapa, mie nya enak dan beda. Padahal sama-sama mie instan. Jadi, untuk kalian yang ngira ini adalah tutorial masak mie kuah dengan segala bumbu dan pernak-pernik didalamnya, maaf saya tidak ahli dalam hal itu.  

Semenjak itu cara aku buat mie kuah berubah sesuai resepnya Nadia dan kata temen-temen sih enak. Buktinya pas KKN, setiap aku mau masak mie kuah, ada aja temen-temen yang pada nitip buatin (ga tau sih karena emang enak atau karena mereka males bikin). Oke langsung saja ya, begini step by stepnya :

1.   Siapkan alat dan bahan yang diperlukan, misalnya mie kuah instan rasa apa aja yang kamu suka. Karna aku sukanya rasa kari, jadi yang dipake di tutorial ini rasa kari. Trus siapin kuali (wajan). Kalo bisa sih jangan pake panci karna kita mau goreng-goreng dulu sebelum masak mienya.

2.   Tuang minyak secukupnya untuk goreng telur. Sarannya jangan kebanyakan pake minyak, ntar namanya berubah dari mie kuah jadi mie minyak. Jangan pake minyak jelantah juga, ntar bisa jadi mie minyak jelantah *eeuuhh
Minyak secukupnya. Maafkan kuali saya yang sudah lama beradu dengan sendok penggorengan besi.


3.     Setelah minyaknya panas, tuang telur dan tunggu hingga setengah matang. Setelah itu orak-arik telurnya sampai mengkristal. Goreng hingga kering sambil terus di orak-arik.

Orak-arik sampai kering
4.  Nah setelah telurnya selesai, masukkan air yang akan dijadikan sebagai kuah kedalam wajan yang berisi telur. Lebih baik pakai air panas supaya air lebih cepat mendidih. Tapi gapapa juga kalo yang ada cuman air dengan suhu normal, yang penting airnya bersih.

5.   Setelah air tersebut mendidih, masukkan mie instan. Kalo yang ini tergantung selera kita aja. Kalo suka yang pendek-pendek, mienya bisa diremukkan terlebih dahulu. Tapi kalo suka yang panjang-panjang, mienya langsung dimasukkan aja ke air mendidih *apaasiiih
Masukkan mie dan tunggu hingga matang...
6.  Selagi menunggu mie matang, kita bisa mempersiapkan bumbu. Kata temen ku yang anak pangan, kalo bumbu mie instan itu ga boleh dimasukkin langsung selagi masak. Kalo dilihat-lihat dari cara memasak yang ada di bungkusnya, bumbu harusnya langsung ditaruh di piring atau mangkok yang bakal dijadiin tempat makan. Jadi untuk tutorial ini, aku menggunakan cara yang diinstruksikan dari perusahaan mie nya saja.

7.   Selagi menunggu mie matang kita juga bisa mencampur pernak-pernik kedalam mie agar menambah warna pada mie seperti cabai, sayur, daging atau sosis. Berhubung saat ini uang bulanan belum datang dan bahan makanan sudah habis semua, jadi tutorialnya cuman pake telur gapapa yaa

8.     Nah, kalo mienya udah matang, langkah selanjutnya adalah matiin kompor kamu. Ya, matiin kompor karena masakan kita udah selesai!! Mie berserta telur dan kuahnya tinggal dituang kedalam piring atau mangkok, lalu diaduk sampai merata dan bumbu larut di kuahnya.

9.  Kalo semuanya sudah bercampur dan... TADAAAA!! Jadi deh, mie kuah enak. Lebih enak dimakan saat panas. Lebih enak lagi kalo mienya gratisan, atau.. dibuatin sama kamu. iya kamuuu heheww
Gak usah ngiler gitu dong, sana buat sendiri haha
Trus enak dan bedanya dimana? Kalo menurutku bedanya itu di telurnya. Kalo aku sebelumnya, masak mie kuah itu telurnya dimasukkan setelah mienya setengah matang, kali ini telurnya sudah di goreng diawal. Jadi rasanya lebih gurih dan gak terlalu eneg karena telurnya ga bersatu sama kuahnya. Selain itu rasa kuahnya pun lebih terasa, hhmm jadi pengen masak mie kuah lagi. Yasudah, sekian saja tutorial gak penting kali ini. Percayalah, tulisan ini dibuat hanya untuk membunuh waktu selagi menunggu, dan juga membantu para anak kos yang mungkin belum tau masak mie kuah sendiri atau kalian yang merasa mie kuahnya selama ini gak enak. Hehehe dadaaaaah!
Share:

No comments:

Post a Comment